Kamis, 06 Juni 2024

“KUDA HITAM” PILKADA REBUTKAN 1,2 JUTA JIWA

Oleh : HERIYANTO

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Palembang


PDPM Palembang-, Peluncuran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota PALEMBANG tahun 2024, di Stadion Atletik 1 Jakabaring Sport City, Senin, 3 Juni 2024 malam WIB oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang. Peluncuran yang dimeriahkan oleh Armada Band, dihadiri tumpah ruah warga Masyarakat Kota Palembang terutama pemilih kaum muda atau pemilih formula. Dengan peluncuran tersebut sebagai tanda bukti gong tahapan penyelengaraan pemilu kepala daerah (PILKADA) telah dimulai, khususnya PILKADA Kota Palembang dan umumnya PILKADA serentak provinsi, kabupaten kota seluruh Indonesia di mulai.


Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024, Sesuai dengan PKPU No 2 tahun 2024 tentang tahapan pemungutan suara akan dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 27 November 2024. Sedangkan tahapan pendaftaran pasangan calon pada tanggal 27 Agustus – 29 Agustus tahun 2024.

Kota Palembang merupakan salah satu Kota di Provinsi Sumatera Selatan yang akan melaksanakan pesta Demokrasi dalam helatan pemilihan kepala daerah atau pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palembang, dan juga Palembang merupakan kota yang padat penduduknya unggulan teratas dari 13 kabupaten/kota Provinsi Sumatera Selatan yaitu terdiri dari 18 kecamatan dan 107 kelurahan, dengan daftar pemilih tetap yang tercatat pada Pemilu 2024 (DPT) Kota Palembang ada 1.225.548 jiwa, atau 1,2 Juta Jiwa (berita online. KPU, Kota Palembang/sumselUpdate.com,14/12/23).

Berdasarkan PKPU Nomor 2 tahun 2024 tersebut, jika hitungan bulan maka lebih kurang 6 (enam) bulan kedepan pesta demokrasi menuju hari pencoblosan, Dimana seluruh warga Indonesia umumnya yang melaksanakan Pemilukada Serentak dan khususnya Kota Palembang akan menggunakan Hak Pilihnya menuju tempat pemungutan suara (TPS) dalam menentukan pilihan pemimpin Palembang 1 untuk mewakilkan suara rakyat/warga Kota Palembang yang berkisar 1,2 Juta Jiwa. Kendati masih kurang lebih 6 bulan lagi, namun nama-nama Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang sudah bergintayangan ditengah keramaian penduduk Kota Palembang atau dikenal dengan Kota Pempek ini. Gintayangan tersebut baik yang berupa media nyata dilapangan berupa baliho, benner dan spanduk, ataupun pamflet-pamflet yang dipasang di tempat umum, bahkan dengan kecanggihan teknologi dan berkembangnya media sosial pada khalayak Masyarakat Palembang, dengan cepat menerima informasi dari berbagai platform media.


Berbicara soal nama-nama Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang atau Kandidat Balon tersebut, banyak nama-nama yang bermunculan, diantaranya yang berseleweran di tempat umum, Ketua Partai Demokrat Palembang Yudha Pratomo Mahyudin atau dikenal dengan YPM, Ketua Partai Golkar /politisi muda, M. Hidayat, SE, Politisi muda partai Gerindra Prima Salam, politisi partai PKB, Firmansyah hadi, politisi muda lainnya Akbar Alfaro, nama-nama yang lain ada juga yang akan digadang-gadang oleh warga Masyarakat Kota pempek ini yang saat ini diamanahkan oleh negara sebagai pelaksana tugas (PLT) atau Pejabat Wali Kota Palembang saat ini, nama yang sering muncul dalam diskusi-diskusi kosong warga Palembang yaitu PJ. Ratu Dewa dekenal dengan sebut RD. bahkan ada yang unik dan terbilang langka kali ini, dimana salah satu Bakal Calon Wali Kota Palembang dari kalangan perseorangan yaitu Charma Afrianto, dan ada lagi pendatang muda dari kaum hawa yang balihonya ada disetiap sudut Kota Palembang, ia adalah Ibu Nandriani.

Kemudian muncul nama besar yang sangat akrab di telinga masyarakat Kota Palembang, beliau adalah seorang politisi yang sudah aral melintang di panggung politik Palembang. Beliau adalah Wakil yang sudah pernah sebagai pertahana yaitu alumni Wakil Walikota Palembang yang merupakan politisi Perempuan dari partai Nasdem, Tak lain adalah Fitri Agustinda.

Selain Kalangan Politisi, ternyata Pilkada Kota Palembang juga dilirik oleh Kalangan Pengusaha bahkan mungkin politisi juga, nama ini sering samar-samar disebut pada diskusi kosong warga, sebut saja M. Rasyid. HR adalah seorang Putra dari Putra daerah Sumatera Selatan yang sudah tak asing anak dari politisi partai lambang matahari. Belum selesai sampai disitu, ada lagi dari kalangan Birokrasi yang nampaknya berminat untuk melenggang di panggung Pilkada Palembang, berdasar benner yang terpasang yakni seorang Insinyur tecknokrat. Adalah basaruddin putra asli komering. Kiprah beliau sebagai seorang birokrat berderet prestasi nan gemilang yang ingin menata Kota Palembang.

Selaku tokoh Pemuda kota Palembang Heriyanto, S.Pd.,M.Si yang saat ini sebagai Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Palembang menjelaskan bahwa deretan nama besar ini merupakan putra dan putri terbaik yang sangat berprestasi, berpengalaman dan memiliki tujuan yang mulia untuk kemajuan Kota Palembang periode (lima) 5 tahun mendatang, akan tetapi dari sekian banyak nama-nama bakal calon yang muncul, dipastikan nama yang sering muncul akan di aplikasikan sebagai “kuda hitam” yang akan di rebutkan oleh 1,2 juta jiwa penduduk Kota Palembang dari 18 Kecamatan merupakan perwujudan perwakilan suara rakyat. Serta hal serupa ia memberikan seruan ajakan atau himbauwan kepada warga masyarakat dimana saja berada atau warga masyarakat seluruh Indonesia terkhusus warga masyarakat Kota Palembang mari kita kibarkan partisipasi PILKADA tahun 2024 mulai dari akar rumput maksudnya mulai dari keluarga kita sendiri dan lingkungan sekitar tempat tinggal atau warga masyarakat lingkungan sekitarnya untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi rakyat tersebut dengan maksud dan tujuan beramai-ramai datang menuju tempat pemungutan suara/TPS, untuk pencoblosan. Sebagai masyarakat kita berhak memilih pemimpin yang terbaik menurut kita. Semua kandidat sudah terbukti dalam mengabdikan dirinya untuk Kota kita tercinta. Mari kita memilih dengan sepenuh hati, memilih pemimpin yang terbaik dari yang terbaik. Karena pemimpin pilihan kita akan menentukan nasib Kota Palembang. Karena masa depan Palembang ada sepenuhnya di tangan masyarakat Kota Palembang.(***)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar